Jenis Timun Laut / Macam-Macam Teripang atau Gamat

Jenis Timun Laut Atau Teripang - Timunlaut.com,- Teripang merupakan salah satu jenis hewan yang tumbuh dan hidup di air. Teripang atau timun laut ini termasuk ke dalam luminor mata yang berarti hewan berduri teripang atau dikenal juga sebagai timun laut memiliki bentuk tubuh silinder. Teripang sebenarnya sangat banyak spesiesnya bahkan hingga mencapai 1400 spesies. Bahkan sebagian besar jenisnya merupakan jenis teripang beracun dan hanya sekitar 40 jenis yang hanya bisa dikonsumsi. Mengkonsumsi teripang ini dapat berupa obat ataupun makanan. Berikut ini terdapat beberapa jenis teripang yang bermanfaat dan ada di indonesia untuk diperjualbelikan, diantaranya yaitu sebagai berikut.

jenis-jenis timun laut

Jenis Timun Laut / Gamat / Teripang

Yang pertama yaitu jenis timun laut teripang emas atau disebut juga dengan golden stichopus variegatus, Teripang ini berwarna kuning seperti emas dan biasanya mudah ditemukan di terumbu karang area pasir putih. Bukan hanya di indonesia, teripang emas ini juga banyak ditemukan di perairan indo pasifik lainnya. Ciri khas dari hewan ini salah satunya yaitu berwarna kuning dan akan menjadi kecoklatan setelah dikeringkan. Teripang jenis ini merupakan teripang yang kaya akan nutrisi, diantaranya yaitu asam amino, omega 3, 6, dan 9, zat antiseptik alami serta condroitin.

Hal yang menarik dari jenis timun laut ini yaitu merupakan satu-satunya binatang yang mempunyai kandungan gamapeptide, kandungan ini yaitu berupa kandungan yang dapat mengobati luka serta mencegah inflamasi dan mengurangi rasa sakit pada luka. Karena manfaatnya sangat banyak inilah teripang ini sering digunakan sebagai bahan dalam pembuatan obat-obatan.

Jenis timun laut yang kedua yaitu jenis teripang duri, yang mana teripang ini memiliki ukuran 25 sampai 35 cm dengan permukaan kulit yang begitu kasar serta berduri. Teripang ini dikenal sebagai gama, yaitu jenis teripang yang berwarna coklat tua dan akan menjadi kehitaman setelah dikeringkan. Untuk menemukan teripang duri ini sangatlah mudah, karena teripang jenis ini dapat ditemukan dalam perairan yang dangkal namun bagi yang sudah tua biasanya berada di perairan yang lebih dalam.

Dibandingkan dengan jenis teripang yang lain misteri dari teripang duri ini memang sangat kalah populer, namun meskipun masih belum populer tapi kandungan nutrisinya sangat tinggi. Kandungan protein pada jenis teripang duri ini bisa mencapai 82% dan menjadikannya sebagai sumber protein hewani instan yang sangat baik untuk dikonsumsi.

Jenis teripang yang ketiga yaitu jenis teripang kapsul atau batu, sangat banyak dicari oleh koki karena rasanya sangat enak. Untuk menemukan teripang jenis kapuk atau kapsul ini dapat ditemukan di makanan-makanan masakan tiongkok atau china. Teripang dengan ukuran yang lebih pendek daripada jenis lainnya dapat dikeringkan dengan bentuk khas seperti kapak lonjong dan bulat seperti batu.

Dari beberapa jenis timun laut tersebut terdapat beberapa ciri dan hal yang menunjukan khasiat dari masing-masing teripang tersebut. Sehingga dengan beraneka ragamnya teripang itu membuktikan bahwa teripang sangat cocok untuk digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.